Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Elemen Pentingnya
Strategi pemasaran dimaksudkan untuk mengenalkan produk kepada masyarakat luas. Demi keberhasilan usaha, memerlukan kumpulan langkah yang sudah dikombinasikan, mulai dari level pengenalan produk hingga membuat konsumen melakukan pembelian.
Strategi yang dimaksud tidak hanya membuat konsumen memasukkan barang ke keranjang tetapi juga memastikan pembeli bisa mengenali produk yang ditawarkan dengan baik. Selain itu, memastikan pembeli melakukan check out dan mengulangi aktivitas pembelian produk.
Secara komprehensif, strategi pemasaran meliputi 4P yaitu product price, price, place dan promotion. Dari sana bisa diketahui bahwa cakupan strategi pemasaran mencakup proses perumusan produk, harga produk, tempat produk dipasarkan dan melalui media apa konsumen bisa mengenali produk yang ditawarkan.
Pengertian Strategi Pemasaran
Melansir Repository.bsi.ac.id, stretaegi pemasaran memiliki peran penting dalam keberhasilan usaha perusahaan dan bidang pemasaran. Strategi yang ditetapkan perlu ditinjau dan dikembangkan sesuai perkembangan pasar dan lingkungan tersebut.
Strategi yang diterapkan harus bisa memberikan gambaran yang jelas dan terarah mengenai langkah-langkah yang akan dilakukan oleh perusahaan. Dengan begitu, perusahaan bisa menggunakan kesempatan atau peluang dalam beberapa pasar sasaran.
Dalam buku Manajemen Pemasaran (Assauri, 2017), strategi pemasaran diartikan sebagai rencana menyeluruh, terpadu dan menyatu dalam bidang pemasaran yang memberikan panduan mengenai kegiatan yang akan dijalnkan agar bisa mencapai tujuan pemasaran.
Dengan kata lain, strategi pemasaran adalah rangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberikan arah kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya. Terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan serta persaingan yang terus berubah.
Fungsi Strategi Pemasaran
Dalam berbisnis, berikut strategi memasarkan produk yang perlu Anda ketahui:
1. Pedoman Pemasaran Produk
Strategi pemasaran produk yang ideal meliputi proses pengenalan produk kepada konsumen, membuat konsumen tertarik terhadap produk tersebut sehingga terjadi konversi produk terjual.
2. Tolak Ukur Keberhasilan
Apabila strategi pemasaran dirumuskan dengan benar, produsen bisa menilai hasil kerja dengan membandingkan apa yang telah mereka dapatkan. Karena itu, penting untuk merencanakan langkah konkret dalam setiap strategi yang disusun oleh perusahaan.
3. Alat Kontrol Pengawasan
Rancangan strategis yang sudah disepakati bersama bisa digunakan untuk menentukan apakah tindakan yang diambil perusahaan sejalan dengan strategi pemasaran atau belum. Rencana kerja ini bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan langkah yang melenceng dari tujuan pemasaran.
Tujuan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran tentunya memiliki beberapa tujuan demi memaksimalkan keuntungan. Berikut beberapa tujuannya: